Mengenal Aliran Sesat dan Sempalan Di Kaltim

Minimnya  Sumberdaya Manusia (SDM)  dan lemahnya ekonomi  menjadikan seseorang mudah terombang ambing dan dipermainkan  orang, bahkan didalam Hadis Nabi Muhamad  kemiskinan sangat dekat dengan kekufuran, hal ini juga dialami masyarakat Kalimantan Timur, walaupun kaltim dikenal kaya raya, namun penduduk miskin  juga tidak sedikit khususnya di daerah padesaan , pedalaman, dan perbatasan, minimnya pengetahuan khususnya agama mudah dimasuki faham-faham, dan aliran aliran yang bertentangan dengan agama .

Aliran –aliran ini mudah menyusup di masyarakat karena dibungkus ekonomi, sehingga masyarakat yang tidak mempunyai pengetahuan agama dan miskin mudah terpedaya, contoh aliran Noto Agung di Berau dan Tarakan, Aliran yang dipimpin   bambang Subagyo (Tarakan) dan Berau Sudarno ini dua-duanya  mengaku menerima wahyu dari Malaikat jibril  , mereka  membungkus aliranya dengan mendirikan koperasi.

“Wahyu-wahyu yang diterima dari Malaikat jibril dibukukan di buku koperasi, jadi para jamaah otomatis menjadi anggota koperasi dan harus mempelajari buku tersebut,” kata Ketua MUI Tarakan KH Zaenudin Dalila,  di Tarakan ajaran sesat bukan hanya Noto Agung tapi juga ada aliran Ma,rifatullah wa-ma,rifaturrasul.

           Menurut     Zaenudin aliran ini diTarakan dan Berau dulu mempunyai pengikut lebih dari 50 Orang  dan diBerau  mempunyai masjid sendiri ,MUI Tarakan dan Berau terus mengawasi dan memberikan pembinaan terhadap mereka.

Sementara itu di Balikpapan Menurut ketua MUI Balikpapan  KH Syarwani Zuhri baru-baru ini ada aliran dari Ustadz Habib Fahrul Rozi yang mengajarkan nikah secara aneh, yaitu adanya nikah batin , pernikahan Habaib berbeda dengan masyarakt umum, menjamin jamaahnya masuk syurga,  jamaah diwajibkan membiayai ustadznya dll.

“Ajaran dari   Habaib  Fahrul Rozi  yang mengaku keturunan langsung dari Rasulullah ini di Balikpapan  mempunyai pengikut sekitar 10 0rang 4 anggota Polri, dan ini terus kami awasi, kami dialog dan bina,” Ujar KH Syarwani Zuhri.

Ajaran –ajaran sesat ini juga ada di Kubar, yaitu  diantaranya Ma,rifatullah wa-ma,rifaturrasul, di Bulungan ada Guru yang mengatakan sembahyang jum,at tidak wajib, di Bontang ada pegawai KUA yang mengatakan Talak tidak sah kalau belum di catat di K U A .

 

Ajaran Sesat di kab pasir

                Di kabupaten pasir yang daerahnya banyak padesaan dan perkebuanan  sawit ternyata tumbuh subur aliran-aliran sesat dan sempalan bermunculan, Menurut Ketua MUI Kab pasir , Drs KH Syakur Rauf,MM di kab pasir ada sekitar 13 Ajaran sesat atau sempalan. Yaitu;

1.Thariqah Dzauqiyah . Gurunya               : H.Imran bin Utuhan (Pinangkara), Khalifahnya: Syaikh Andarsyah (Barikin),Ajaranya:   Dizikir Sima,Kewajiban Khutbah Bahasa Arab, Mengenal nama Allah yang ke-100,Mengenal Hakikat Dzat Wajibul Wujud,Meringankan Hukum Syari’at Shalat,Dan sebagainya.  Keberadaanya             : Sejak tahun 1990 – sekarang. Basis wilayah                 : Tanah Grogot, Simpang Pasir, Kerang.Motif: belum diidentifikasi

2, Islam “Pancasila” Gurunya                     : H. Dommeng (Labuang Kallo). Ajarannya: Konfigurasi Wudlu’ – Surat Al fatihah, Keberadaanya  : Tahun 1990, Basis wilayah: Tanah Periuk dan Lolo, Motif Komersil

3.Prima Sakti Jati Diri (PSJD),Gurunya : Masykur R.Rahman/Kiyai Sekkor (Airmati/Banjar Baru Kalsel) Khalifahnya                airmawan (Airmati) H.Baharuddin (Muara Pasir),Ajaranya: Dzikir tenaga dalam dan kesaktian, Keberadaannya    : Tahun 1990an – sekarang, Basis wilayah                : Airmati, Muara Paser, Tanah Grogot, Labuang Kallo, Lori, dll Motif: Komersil.

  1. 4. Ajaran ILmu Ma’rifat, Gurunya : H.Gusti, Ajaranya : ILmu Pengenalan Diri. Keberadaanya   : Tahun 1990-an, Basis Wilayah     : Muara Pasir dan Tanah Grogot, Motif   : Belum diidentifikasi.
  2. 5. Ajaran ILmu Ma’rifat, Gurunya : Sudjatmiko, Ajarannya : –     ILmu Pengenalan Diri, Meninggalkan Syai’at Shalat, Puasa dan lain-lain,Keberadaanya : Tahun 1990-an , Basis Wilayah: SP.I, Motif          : belum diidentifkasi

6.Ajaran Nur Muhammad, Gurunya        : H.Yusuf/H.Ova Gorontallo, Ajaranya: Mengucapkan “Ushalli Nur Muhammad” pada setiap memulai     Melakukan pekerjaan, Seperti : Mandi, makan, minum, berpakaian,  Berjalan dan sebagainya. Keberadaanya: Tahun 2000-an, Basis Wilayah            : Kerayan,Motif                                : Belum diidentifikasi.

  1. 7. Ajaran Menjama’ 5 waktu Shalat Fardlu sekaligus, Gurunya: belum diketahui, Ajarannya : Menjama’ 5 Waktu Sahalat dilakukan sekaligus diwaktu shubuh

Keberadaannya                : Tahun 2004, Basis wilayah          : Desa Muara Payang dan Muara Komam, Motif                                : belum diidentifikasi.

8.Ajaran ganti Nama, Istinja dan Lekas Naik haji, Gurunya dari Pal 5 Banjarmasin., Ajarannya,Ganti nama-nama yang sial, bayar Rp. 20.000, Hakikat Istinja “Kunci Allah, Kunci Muhammad, Taguk Liur”, bayar Rp. 20.000, Do’a agara lekas naik Haji, bayar Rp. 20.000, Keberadaanya            : Tahun 2000-an, Basis Wilayah   : Kerang

  1. Ajaran Ma’rifat-Syari’at, Gurunya : Ustadz Abdul Karim Martapura, Ajarannya ; Ma’rifat-Syari’at, Keberadaanya   : Tahun 2003-2004, Basisi Wilayah             : Desa Papara dan Sei Tuak, Motif: Mau Kawin.
  2. Ajaran (Tarekat) Mummi, Gurunya seorang perempuan dari Balikpapan, Ajarannya: – ILmu Ma’rifat, Jaminan Masuk Syurga, tinggalkan , Tinggalkan Syari’at, Mandi Suci. Keberadaanya : Tahun 1990-an, Basis Wilayah   : Tanah Grogot dan Batu Kajang. Motifnya: Belum diidentifikasi
  3. Ajaran Mandi Pengobatan , Gurunya, : Habib dari Surabaya. Ajarannya : Semua Klien harus dimandikan dengan air bercampur ramuan sisa-sisa,  Anggota badan Ibu (Seperti              : rambut, potongan kuku dan bulu kemaluan  Ibu), Keberadaanya  : Tanah Gorogot dan Psir Belengkong, Motifnya: Komersil.

12.Ajaran Ma’rifat, Gurunya       : Bakhtiar, Ajarannya,     Pengenalan Diri, Ajaran Bersuci

,Ajaran Menggandakan Uang Dan sebagainya, Keberadaanya     : Tahun 2006 – sekarang, Basis Wilayah  : Long Kali.

  1. 13. Ajaran EDEN,Gurunya: Lia Amunudin di Jakarta, Ajarannya : Lia aminudin adalah penerima wahyu dari malaikat jibril,: JL. Pabrik Piring Gg. Qadar.(oleh Muh.Roghib/Sumber Ketua MUI Se- kaltim)