Rakernas di NTB, MUI Kaltim Terima Penghargaan Bidang Admistrasi

Sekertarsi MUI Kaltim H Syahruddin Memberikan Sambutan

Samarinda ,www MUI Kaltim,org- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Timur menerima penghargaan dari MUI Pusat karena dinilai berprestasi dalam bidang administrasi  dan kerja sama. Penyerahan dilakukan oleh Ketua Panitia Rakernas Dr H Amirsyah Tambunan disela-sela Rakernas MUI Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, baru-baru ini.

Selain  Kaltim  beberapa MUI Provinsi yang menerima penghargaan yaitu Sumatera Utara, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan DKI Jakarta. ‘’Alhamdulillah Kaltim mendapat penghargaan dibidang ketertiban administrasi. Semua berkat kerja sama dari semua pihak, termasuk sekertariat MUI, tidak terkecuali  Pemerintah Provinsi kaltim, para ulama dan semua pengurus MUI Kaltim.  Di MUI Kaltim bidang administrsi dianggab sukses, Alhamdulillah,”Ujar Ketua MUI Prov Kaltim KH Hamri Has, didampingi Sekertaris Umum MUI kaltim H Syahruddin Tarmidzi.

Pengurus MUI Aktif sebagai Peserta Rakernas

Menurut KH Hamri Has , Rakernas MUI V tahun 2019 yang digelar di Masjid Nurul Bilad Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, Pengurus MUI  yang mendapat undangan Rakernas  dari MUI Kaltim  hadir , diantaranya KH Hamri Has Ketua MUI Kaltim, H Syahruddin ,sekertaris MUI kaltim dan Ketua LPPOM MUI Kaltim H Sumarsongko.

Lanjut KH Hamri Has dalam rakernas MUI Kaltim juga memberikan usul dan pandangan pandangannya, diantaranya soal gelaran Rakernas,  MUI pusat  seharusnya jauh jauh hari sudah harus memberitahukan MUI daerah agar daerah menyiapkan biaya jauh jauh hari, karena semua biaya, termasuk  mengikuti kegiatan keluar daerah harus direncanakan dan dimasukkan dalam RAP (Rencana Biaya) anggaran MUI.

“Saya usul pada MUI pusat  setiap ada kegiatan jauh jauh sudah harus disampaikan ke MUI daerah  agar bisa mempersiapkan dengan matang karena MUI selama ini masih  sangat bergantung dari anggaran Pemda, utamanya Pemda Kaltim ”ujar sekertaris MUI kaltim H Syahruddin Tarmizi.

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Ulama Indonesia (MUI), digelar Jumat, 11 Oktober 2019 lalu. Beberapa isu strategis dibahas pada gelaran Rakernas yang ke-5 tahun 2019 yang digelar di pelataran Masjid Nurul Bilad kawasan The Mandalika Kuta, Lombok Tengah.

Salah satunya terkait status Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin selaku Ketua Umum MUI periode 2015-2020 yang akan dilantik sebagai Wakil Presiden akhir bulan Oktober ini. Tidak hanya itu, perkembangan bangsa kekinian juga jadi agenda bahasan oleh enam komisi yang ada di Rakernas MUI kali ini.

MUI Kaltim Menerima Penghargaan Bidang Administrasi

‘’Rakernas ini forum tertinggi di MUI dan merupakan agenda tahunan untuk membahas program kerja yang sudah dilaksanakan. Sekaligus membahas program yang akan dilaksanakan setahun Ia berharap, Rakernas MUI kali ini bisa menghasilkan program-program yang berguna bagi umat. Sebagaimana MUI diharapkan bisa menjadi lampu dan soko guru bagi umat muslim di negara ini. Utamanya dalam menjalankan kehidupan beragama di tengah masyarakat.

‘’Rakernas ini forum tertinggi di MUI dan merupakan agenda tahunan untuk membahas program kerja yang sudah dilaksanakan. Sekaligus membahas program yang akan dilaksanakan setahun ke depan,’’ ungkap Ketua Umum MUI, KH. Ma’ruf Amin, dalam pidato pembukaannya.

Menurutnya, dari waktu ke waktu kinerja MUI terus menunjukkan peningkatan. Namun bukan berarti tanpa kekurangan. Masih banyak hal yang harus diperbaiki. Dan, melalui Rakernas kali ini apa yang sudah dikerjakan bisa dievaluasi serta apa yang akan dilaksanakan bisa dipersiapkan dengan baik.  Sehingga ke depan kinerja MUI bisa semakin meningkat.

Pewarta : M Roghib