Tanoto Foundation Gelar Lokakarya Mutu Pendidikan Di Samarinda

Prof Makrine  Tindangen,MPd (Kanan)

Prof Makrine Tindangen,MPd (Kanan)

Samarinda,WWW, MUI KALTIM, ORG-Tanoto Foundation, sebuah organisasi filantropi independen yang didirikan oleh Sukanto Tanoto  menggelar  lokakarya Provinsi  “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaborasi Guru – Dosen”  tingkat provinsi kaltim belum lama ini  (23—25/11/2019).  Digelar di Hotel Jl. Untung Suropati No.35, Karang Asam Ulu, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75126..

Guru Besar FKIP Unmul ,Prof,.Makrine Tindangen,M,Pd, dalam sambutanya  mengatakan  PTK adalah salah satu wadah untuk meningkatkan mutu  proses pembelajaran di kelas. Melalui PTK kolaborasi guru dan dosen ini, diharapkan terjadi sinergi dalam penyiapan calon guru di LPTK dan peningkatan mutu pembelajaran di sekolah.

“Dosen dapat mengambil pengalaman kolaborasi ini sebagai bahan perkuliahan dan penelitian. Sedangkan guru dapat memecahkan masalah pembelajaran dengan inovasi yang dikembangkan bersama dosen dalam lokakarya ini,” kata  Prof. Makrina Tindangen, M.Pd.

Lanjut Prof Makrina Tindangen M.Pd  Salah satu tanggung jawab guru adalah dapat mengidentifikasi metode-metode pembelajaran yang tepat untuk setiap pembelajaran. PTK membantu guru untuk menerapkan alur pikir: identifikasi permasalahan di kelas, merumuskan tindakan kelas yang sesuai dengan permasalahan di kelas, menentukan indikator keberhasilan, dan evaluasi pengajaran.

“ Pada lokakarya ini guru dan dosen duduk bersama untuk mencari solusi tantangan-tantangan di kelas. Para guru dapat terbantu untuk merumuskan masalah yang tepat dan menentukan tindakan kelas yang lebih terarah.  Dan dosen dapat membimbing para guru untuk mengambil tindakan kelas yang tepat.” Jelasnya.

Para Peserta Lokakarya

Para Peserta Lokakarya

Salah satu peserta Lokakarya Provinsi  “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaborasi Guru – Dosen”   Noriska mengakui menangani kelas besar dan jadwal yang padat di SDN 005 Sutomo, Seringkali, Noriska merasa lelah. Kondisi ini membuat kelas kurang interaktif.

Berangkat dari permasalahan itu Noriska bersama Christy, dosen FKIP Unmul dan Kosasih, pengawas  menentukan metode group investigation untuk dapat diterapkan di kelas di SDN 005.

“Pertama para siswa kebingungan belum terbiasa, tetapi setelah mereka sering mengerjakan tugas kelompok, mereka dapat mempresentasikan tugas kelompok, bahkan memberikan masukan untuk teman-temannya,” ungkap Noriska guru SDN 005 Sutomo.

Sementara iu Deputy Head of TTI Development Tanoto Stephanie Hardjo kepada Wartawan  menjelaskan ,Lokakarya Provinsi PTK diikuti sekitar  20 peserta yang terdiri dari para dosen Institut Agama Islam Negri (IAIN) Samarinda, dosen Uneversitas Mulawarman( Unmul) dan para guru SMA, SMP, Tsanawiyah,  Madrayah Ibtidaiyah  (MI) dan Guru SD.

Lanjut Stephanie Hardjo Lokakarya Provinsi ini  atas Kerjasama  Tanoto Foundation melalui Program PINTAR bersama Universitas Mulawarman dan IAIN Samarinda .

Adapun tujuan kegiatan ini peserta menganalisa data siklus penelitian yang sudah dilakukan bersama. Para peserta juga berlatih dan mendiskusikan penulisan format pelaporan PTK.

“Lokakarya ini sudah digelar beberapa kali dan kali ini  merupakan lokakarya terakhir dari rangkaian semua lokakarya PTK, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi para guru dan dunia pendidikan pada umumnya, ” kata Stephanie.

Mengenal Tanoto Foundation adalah sebuah organisasi filantropi independen yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto atas dasar keyakinan bahwa setiap individu harus mempunyai kesempatan untuk mewujudkan potensinya secara penuh.

Stephanie Hardjo

Stephanie Hardjo

Tanoto Foundation memulai kegiatannya pada 1981, saat pendiri kami membangun Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar di Besitang, Sumatera Utara.

Tanoto Foundation menjalankan program berdasarkan keyakinan bahwa pendidikan berkualitas bisa mempercepat terciptanya kesetaraan peluang. Kami memanfaatkan kekuatan transformatif pendidikan untuk membantu masyarakat agar bisa mewujudkan potensi dan memperbaiki taraf hidupnya.

Sedangkan Visi dan Misi Tanoto Foundation  adalah Pendidikan Berkualitas Meningkatkan Kesetaraan Peluang “ Kami mengembangkan potensi individu dan memperbaiki taraf hidup melalui pendidikan berkualitas yang transformative,” Deputy Head of TTI Development Tanoto Stephanie Hardjo .

Pewarta/ Redaktur : Roghib