Kapolda Kaltim Silaturahmi Dengan MUI

Kapolda kaltim dan Pengurus MUI Kaltim

Samarinda, MUIKaltim,org- Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Muktiono, bersilaturahmi dengan pengurus MUI Provinsi kaltim. Kegiatan berlangsung di Kantor MUI jalan Harmonika Samarinda. belum lama ini (5/2/2020) siang..

Hadir dalam silaturahmi tersebut, Ketua MUI Kaltim KH Hamri Has. Penasehat MUI  KH Farid Wadjedi, Wakil Ketua MUI KH Bukhari, Tokoh Kaltim Yoes Soetomo, Sekertaris MUI H Syahruddin, Wakil Sekertaris MUI H Mansyah dan undangan lainya,

Sementara dari Polda Kaltim Kapolda Kaltim Irjen Pol. Muktiono, Kabid Humas  Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana, Polresta Samarinda. Kombes Pol Arif Budiman,  Direktur Lalu Lintas polda Kaltim, Kombes Pol Eddy Djunaedi. Direktur Polairud Polda Kaltim, Kombes Pol Omad ,SIK,MS.i dan lain lain.

Kapolda Kaltim mengaku bahagia bisa bertemu para ulama khusunya para pengurus MUI Kaltim dan minta kerja sama selama ini bisa terus dibina, bahkan ditingkatkan agar  terus tercipta suasana yang kondusif, aman dan tentram

“ Saya mengucapkan terimakasih yang tak terhingga dan memberikan apresiasi atas pera MUI Kaltim  yang begitu besar terhadap kondusitas dan keamanan di kaltim, saya berharap kerjasama ini terus terjalin  Ujar Kapolda Kaltim.

Kapolda memohon kiranya para ulama selalu memberikan saran, nasehat, edukasi kepada para polisi mulai dari Kapolda hingga Kapolsek demi terciptanya keamanan dan keretiban masyarakat,

“ Kita tau permasalahan ditengah masyarakat ini tidak akan berhenti silih berganti, terkadang ada pendapat pendapat

 dari masyarakat, gesekan gesekan, ada kriminalitas dan kalau masalah tersebut tidak cepat disikapi masalahnya akan selalu menggelinding kemana mana sehingga masyarakat turut resah. disini kami sangat berharap peran MUI bisa ikut menyelesaikan masalah terutama kalau meyangkut agama MUI lah ahlinya.,” Kata Mantan Staf Ahli Kapolri ini.

Lanjut kapolda Kaltim,  sekarang lagi era digital,  semua orang mempunyai hp dan masyarakat senang bermendsos  dengan membuat status  di FB atau WhatShab, pendapatnya pemikiranya bisa dibaca orang sedunia.

Yang memprihatinkan lanjut Kapolda kaltim masyarakat juga suka mengakses berita  dari medsos yang terkadang beritanya berita hoak dan masyarakat percaya.

Inilah yang menjadikan suasana jadi tidak kondusif seperti berita  hoak wabah Virus Corona di Balikpapan baru baru ini yang membuat heboh dan ketakutan masyarakat. Ini  sangat disayangkan, padahal sudah jelas pelaku penyebaran berita bohong  dapat dipidana.

Bahkan bebebrapa waktu lalu, Dit Cyber Crime Polda sudah melakukan penangkapan dan penetapan tersangka kepada dua orang pelaku penyebaran Hoak Virus Corona di Kota Balikpapan.

Kapolda Kaltim memberikan bantuan 2 Laptop kepada Pengurus MUI Kaltim          

Kapolda  bersama  para pejabatnya  mengatakan kunjungan ke MUI ini juga  untuk meningkatkan tali silaturrahmi Polri dengan MUI dan juga dalam rangka Pilkada 2020.  Kapolda juga memohon bantuan dan kerjasama untuk bersama-sama menciptakan Pilkada yang aman dan damai.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Kaltim mengatakan Organisasi muslim seperti MUI,  NU,  Muhamadiyah  merupakan mitra kerja Kepolisian, kami berupaya membangun sinergis dengan ulama dan tokoh agama lainnya.

Sementara itu ketua MUI kaltim KH Hamri Has memberikan apresiasi yang besar kepada Kapolda Kaltim dan jajaran karena telah memberikan waktu yang berharga untuk bersilaturahmi dan hal ini merupakan suatu kebanggaan karena dapat mempererat hubungan yang harmonis dalam bekerjasama menyelesaikan persoalan kerukunan umat beragama di Kalimantan Timur

Menghadapi  berita berita hoak, narkoba dan pilkada,  Hamri Has mengatakan Majelis  Ulama Indonesia sepakat untuk mencipciptakan suasana yang sejuk, aman dan kondusif .

“Pilihan boleh berbeda tetapi semangat persatuan dan persaudaraan sesama anak bangsa harus tetap terjaga dan terpelihara,” kata nya

Menurut dia, tidak boleh gara-gara pilkada eksistensi NKRI terancam. Semuanya harus meletakkan kepentingan negara di atas kepentingan kelompok dan golongan.

Diakhir pertemuan antara Kapolda kaltim dan Ketua MUI saling memberikan cenderamata, Kapolda memberikan bantuan berupa 2 buah laptop  merek Tosiba, sedangkan Ketua MUI memberikan ke kapolda berupa buku2 agama, Majalah dan lain lain

Redaktur: M Roghib